TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

4 Mitos Pencegah Kehamilan Yang Enggak Benar

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 14 Desember 2015

4 Mitos Pencegah Kehamilan Yang Enggak Benar

Pernah denger teman-teman ngegosipin 4 mitos pencegah kehamilan ini, girls? Natika H Halil, Direktur Kesehatan dan Kesejataraan di Family Planning Association, Inggris, menjelaskan betapa 4 mitos pencegah kehamilan ini enggak benar.

(foto: bustle.com)

 

(Baca juga: Fakta Penyebab Kehamilan)

 

Mitos: Enggak akan hamil kalau cowok ejakulasi di luar

Ada banyak orang yang masih percaya metode ejakulasi di luar ini. Ejakulasi di luar tubuh bukan metode kontrasepsi yang aman, sehingga masih mungkin menyebabkan hamil.

 

Seorang cowok yang terangsang secara seksual masih mungkin melepaskan cairan dari penisnya, bahkan tanpa mengalami orgasme. Cairan ini dikenal sebagai cairan pra-ejakulasi dan memiliki sperma di dalamnya. Peluang kehamilan tetap ada. 

 

Mitos: Enggak akan hamil,  kalau langsung berdiri dan meloncat-loncat setelah berhubungan seks

Sperma adalah perenang yang sangat kuat dan gravitasi saja enggak akan menghentikan mereka untuk mencapai dan mencoba untuk membuahi sel telur. Tanpa kontrasepsi, posisi dan gerakan apapun yang dilakukan setelah berhubungan seks, masih memungkinkan kehamilan.

 

(Baca juga: Cara Membedakan Gejala PMS dan Kehamilan)

 

Mitos: Enggak akan hamil kalau berhubungan seks saat haid

Ada dua faktor yang membuat ini adalah mitos. Pertama, banyak cewek memiliki siklus menstruasi yang enggak teratur, sehingga  sulit untuk mengetahui dengan pasti kapan tepatnya ovulasi terjadi. Kedua, sperma dapat  hidup di dalam tubuh hingga tujuh hari sehingga mereka dapat berkeliaran,  siap  menunggu untuk membuahi sel telur. 

 

Mitos: Enggak akan hamil, kalau segera membasuh vagina segera setelah berhubungan seks

Membasuh bagian luar atau dalam vagina enggak akan mencegah kehamilan. Sekali lagi, sperma adalah perenang yang andal. Saat ke toilet untuk membasuh diri, sperma sudah di perjalanan menuju sel telur dan tidak ada yang bisa menghentikan mereka. (Sumber: health.kompas.com

 

Lalu, mau tahu apa pencegah kehamilan yang paling sukses? Tentunya, enggak berhubungan seks. Baca di sini 8 alasan kenapa kita enggak boleh melakukan hubungan seks sebelum menikah

 

(Baca juga: Mitos Seks Yang Dipertanyakan Remaja)

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×