TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

4 Alasan Kurang Tidur Bisa Merusak Tubuh

  • Muti Siahaan
  • Posted on : Selasa, 5 April 2016

4 Alasan Kurang Tidur Bisa Merusak Tubuh

           Tidur yang cukup itu penting banget. Kalau kurang tidur kerja otak jadi melambat dan lama kelamaan bisa merusak tubuh. Tapi karena kesibukan dan hobi online sepanjang hari, tanpa sadar membuat jam tidur kita jadi berkurang. The National sleep Foundation di Amerika menyatakan kalau remaja sebaiknya tidur selama 9,25 jam setiap malam. Sementara hasil riset menyatakan hanya 15% remaja di Amrik yang tidur sekitar 8,5 jam setiap malam. Apa yang dialami remaja di Amrik sepertinya tidak jauh dengan kondisi kebanyakan remaja di belahan dunia lainnya; kita enggak mendapatkan tidur yang cukup. Mungkin kita enggak sadar kalau tidur yang cukup itu penting. Karena bila kurang tidur bisa merusak tubuh.  Ada  4 alasan kurang tidur bisa merusak tubuh.

 

                Belajar jadi terhambat

                Selama kita masih jadi pelajar, enggak ada yang lebih penting dari belajar. Dalam otak kita ada tiga bagian yang berhubungan dengan daya ingat yaitu acquisition ( yang berhubungan dengan daya serap hal-hal baru),  consolidation (yang berhubungan dengan menyimpan/menyerap info yang masuk) dan recall (kemampuan untuk mengulang kembali info-info yang masuk dalam otak). Ketika kita kurang tidur, otak mengalami hambatan dalam hal consolidation dan recall. Padahal kemampuan otak untuk menyerap dan mengingat itu penting banget saat kita sedang belajar.

 

                Kekebalan tubuh berkurang

                Ketika kurang tidur,kemampuan tubuh untuk menghasilkan cortisol, catecholamines dan neuropeptides enggak maksimal. Padahal ini semua dibutuhkan untuk menciptakan kekebalan tubuh. Kalau kekebalan tubuh berkurang kita jadi cepat sakit. Kalau kita sering banget batuk, pilek atau pusing ini tandanya kekebalan tubuh kita rendah. Coba ingat-ingat dalam seminggu berapa kali kita sering begadang? 

 

                Berat badan cepat naik

                Pernah enggak kita mengalami saat begadang terus lapar? Atau sering lapar di siang hari padahal kita baru saja makan? Kalau ini terjadi coba ingat-ingat bagaimana pola tidur kita.  Keseringan begadang menyebabkan kita sering lapar dan inginnya makan yang serba manis. Kalau ini berlangsung setiap hari, berat badan pun cepat naik. Kalau kita ingin berat badan enggak cepat naik, ada baiknya kita memperbaiki pola tidur.

 

                Sering ngantuk di jalan

                Kurang tidur membuat kita jadi cepat mengantuk di siang hari. Kadang sering terjadi kita ketiduran di jalan. Nah, ini berbahaya banget kalau kita berangkat dan pulang ke sekolah mengendarai motor atau sepeda. Ada yang rasa kantuk siang hari bisa dihalau dengan minum kopi tapi ini efeknya Cuma sebentar,lho. Jadi dari pada bahaya di jalan, sebaiknya kita mengatur pola tidur agar minimal 8 jam setiap malamnya.

 

 

Penulis :

  • Muti Siahaan

  • Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×