TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

4 Alasan Kenapa Orang Mudah Percaya Berita Hoax

  • Natasha Erika
  • Posted on : Rabu, 22 Februari 2017

4 Alasan Kenapa Orang Mudah Percaya Berita Hoax

Jaman sekarang, informasi itu sangat banyak. Kita pun susah membedakan mana yang benar dan salah. Bahkan, orang-orang lebih mudah percaya sama berita hoax. Duh, kenapa ya? Kita bisa lihat 4 alasan kenapa orang mudah percaya berita hoax, tapi sebelumnya kita cari tahu dulu apa itu hoax.

 

Baca juga: Aktivitas Ospek Berujung Maut Di ITN Malang

 

Arti 'hoax'

Hoax atau pemberitaan palsu menurut Wikipedia adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca atau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu.

 

Bedanya dengan sulap

Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang atau kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton enggak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu.

 

Tapi kenapa hoax gampang dipercaya ya? Menurut infografis buatan BEM Psikologi Universitas Indonesia, ada 4 alasan orang lebih mudah percaya berita hoax berdasarkan sisi psikologi.

 

Baca juga: 13 Fakta di Balik I-Doser, Aplikasi yang dibilang 'Narkoba Digital'

 

1. Keterbatasan informasi

Kita percaya berita hoax bukan karena kita mudah dibohongi tapi karena keterbatasan arus informasi yang datang.

 

2. Tingkat popularitas informasi

Ternyata, pemberitaan yang terus menerus dapat bikin manusia jadi tertutup pada kebenaran, lho!

 

3. Ketertarikan

Kita lebih tertarik sama berita hoax karena topiknya yang menarik dan unik. Makanya dengan mudah langsung percaya dengan hoax.

 

4. Confirmation bias

Kalau berita hoax tersebut berkaitan dengan hal yang dipercaya, maka kebohongan akan lebih mudah diterima.

 

Baca juga: 6 Berita Hoax Tentang Tragedi Penyerangan di Paris

 

Saking banyak dan cepatnya informasi jaman sekarang, kita kadang bingung mana yang benar mana yang hoax. Ini memang tantangan buat kita semua, gimana jadi pembaca online yang pintar. Buat yang pengen tahu gimana sih membedakan berita yang benar dan mana yang hoax, bisa baca di sini. Jangan mau jadi korban informasi hoax, girls!

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×