TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

3 Penjelasan Kenapa Makan Sedikit Bisa Tambah Gemuk

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Rabu, 6 Januari 2016

3 Penjelasan Kenapa Makan Sedikit Bisa Tambah Gemuk

Kebiasaan makan enggak selalu berpengaruh sama terhadap bentuk tubuh setiap orang. Ada orang yang sudah makan banyak tetapi tetap kurus. Sebaliknya, ada orang yang makan normal saja tetapi badannya cenderung gemuk. Lalu, apa faktor yang mempengaruhinya? Tiga penjelasan kenapa makan sedikit bisa bertambah gemuk.

 

Baca juga: Jatuh Cinta Dan 4 Penyebab Cewek Jadi Gemuk

 

Berarti ada kelebihan kalori yang mungkin enggak disadari

Kalau mobil, kelebihan bahan bakar itu tetap tersimpan dalam tanki-nya, atau bila tutup tanki mobil terbuka dan masih mengisinya, dia akan tumpah keluar. Sementara, tubuh kita enggak begitu, girls. Kelebihan energi, bahan bakar akan disimpan dalam bentuk lemak yang berguna sebagai cadangan energi. Ketidakseimbangan antara energi masuk dan keluar ini akan mengakibatkan berat badan kita naik atau berkurang, Kita jadi gemuk atau lebih kurus.

 

Kalau kita makan, dalam hal ini berfungsi sebagai sumber energi (kalori) melebihi dari yang kita butuhkan, maka, berat badan kita akan bertambah. Sebaliknya bila kurang, berat badan kita juga akan turun. Jadi, bila kita merasa bahwa makan kita sedikit, tapi berat badan tetap naik berarti porsi sedikit itu masih melebihi kebutuhan kita.

 

(foto: gradynewsource.uga.edu)

 

Baca juga: 5 Hal yang Sebaiknya Enggak Kita Katakan ke Teman Gemuk

 

Intinya anggapan salah terhadap makan sedikit

Banyak orang menganggap bahwa yang dimaksud dengan makan itu hanya kalau mereka mengkonsumsi nasi, selain itu enggak masalah. Mau makan bakso, kue, donat, pizza, pisang goreng, minuman kaleng atau makanan ringan lainnya itu enggak dianggap sebagai makan.

 

Penelitian bahkan pernah mengungkapkan kalau orang gemuk sering mengira bahwa mereka mengonsumsi makanan dalam porsi kecil. Dengan kata lain, sedikit bagi mereka enggak sesuai dengan kenyataan dan kemudian makanan kecil lainnya juga enggak dianggap sebagai makanan. Padahal, makanan, minuman ringan yang beredar sekarang banyak mengandung kalori yang tinggi. Jadi, walaupun merasa makan sedikit, total kalori masukannya tetap lebih banyak daripada yang dibutuhkan.

 

(foto: vitals.lifehacker.com)

 

Baca juga: 7 Tips Anti Kelihatan Jelek di Foto

 

Juga, kurangnya olahraga dan menggerakkan tubuh

Selain itu, kita sekarang ini adalah generasi yang tingkat aktivitas fisiknya sangat rendah. Kemajuan teknologi memanjakan tubuh kita. Kita lebih banyak beraktivitas sambil duduk. Nah... Andaikan dalam satu hari saja kita menghemat kalori keluaran 100 kalori, bisa hanya dari satu potong makanan ringan, atau minuman kaleng, manis yang kita konsumsi, serta kurang melakukan aktivitas fisik dan lain-lain, dalam satu bulan, 3.000 kalori akan kita simpan, satu tahun 36.000 kalori. Andaikan itu disimpan semua dalam bentuk lemak, lemak di perut akan  bertambah 4 kilogram, Kita sedikit-demi sedikit menjadi gemuk.

 

Baca juga: 5 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

 

(sumber: health.kompas.com, foto: teen.com)

 

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×