TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

3 Faktor Kenapa Orang Tetap Kurus Walau Banyak Makan

  • Natasha Erika
  • Posted on : Rabu, 6 Januari 2016

3 Faktor Kenapa Orang Tetap Kurus Walau Banyak Makan

Kebiasaan makan enggak selalu berpengaruh sama terhadap bentuk tubuh setiap orang. Ada orang yang sudah makan banyak tetapi tetap kurus. Sebaliknya, ada orang yang makan normal saja tetapi badannya cenderung gemuk. Lantas apa faktor yang mempengaruhinya? Tiga faktor ini bakal menjawab kenapa ada orang yang tetap kurus walau banyak makan.

 

Baca juga: Tubuh Ideal Cewek dari Masa ke Masa

 

1. Memang 'berbakat' kurus dari lahir

Dokter pakar diet Phaidon L Toruan mengatakan, faktor genetika sangat berperan dalam menentukan bentuk tubuh seseorang selain kebiasaan makan. Sifat genetik yang mempengaruhi bentuk tubuh seseorang dibagi menjadi tiga, yaitu ectomorf, endomorf, danmesomorf.

 

Ectomorf adalah seseorang yang dilahirkan dengan faktor genetika kurus. Sejak kecil sampai usia dewasa dia kurus. Sampai usia dewasa, badan tampak relatif kurus walaupun makan cukup banyak.

 

Orang yang banyak makan tetapi enggak kunjung gemuk mungkin termasuk dalam sifat ectomorf. Orang yang memiliki sifat ini perlu mengasup kalori lebih banyak dengan gizi seimbang, dan berkonsentrasi pada asupan berprotein tinggi supaya lebih mudah membentuk otot.

 

(foto: elle.com)

 

Sedikit membahas tentang sifat genetic yang mempengaruhi bentuk tubuh, ada juga endomorf, yaitu orang yang dilahirkan dengan faktor genetika gemuk. Sejak kecil tampak gembul walaupun makan relatif sama dengan teman sebayanya. Semakin besar, semakin mudah ia untuk gemuk. Lalu, ada mesomorf atau orang yang dilahirkan dengan faktor genetika bertubuh kekar. Sejak kecil tampak berotot. Ketika dewasa pun tubuhnya seperti atlet walau jarang latihan.

 

Baca juga: 4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Seperti Yang Dilakukan Cewek Ini


2. Stres dan depresi

Menurut dokter ahli fisiologi Grace Judio Kahl, salah satu faktor yang mempengaruhi berat badan tetap rendah meski sudah makan banyak adalah  faktor psikologis, misalnya sedang dalam situasi stres tinggi atau lelah akan membuat seseorang malas untuk makan makanan bergizi walau ia terlihat banyak makan.

 

3. Tanda tubuh kurang sehat

Selanjutnya adalah faktor kesehatan dari tubuh seseorang, misalnya orang dengan penyakit kronik dan infeksi. Pada kondisi ini setiap kalori yang diasup enggak akan menjadi otot, melainkan untuk memberi energi bagi sistem imun dalam melawan penyakit tersebut. Enggak hanya itu, ada pula rendahnya kemampuan usus menyerap sari makanan, dan produksi enzim pencernaan juga berperan membuat tubuh seseorang terus kurus meski sudah makan banyak.

 

(foto: twcenter.net)

 

Baca juga: Tanpa Diet, 4 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan

 

(sumber: unoviana/health.kompas.com, foto: giphy.com)

 

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×