TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

3 Alasan Utama Kenapa Kita Enggak Percaya Diri & Gimana Mengatasinya Berdasarkan Penelitian

  • Sintia Astarina
  • Posted on : Jumat, 10 Februari 2017

(sumber: tumblr.com)

Percaya diri adalah salah satu masalah utama yang sering banget kita alami. Enggak enaknya, sifat ini bikin kita kurang berani untuk melakukan sesuatu yang lebih. Seperti dilansir Brightside.me, ada 3 alasan utama kenapa kita enggak percaya diri dan kita bisa mengatasinya kok, girls.

 

1. Kita baru aja melakukan kesalahan atau ditolak orang lain

Sebuah penelitian menunjukan kalau kebahagiaan itu tergantung pada 40% aktivitas yang baru saja kita alami. Nah, kalau kita mengalami kejadian enggak mengenakkan, seperti dapat nilai jelek, putus sama pacar, atau berantem sama teman, hal ini bisa membawa pengaruh negatif juga ke diri kita. Sangat mungkin kalau rasa percaya diri kita terganggu.

Makanya, penting banget nih, untuk memahami kalau setiap orang di dunia pasti pernah mengalami kegagalan. Yang terpenting adalah kita berani bangkit untuk mengatasi rasa kurang percaya diri tersebut.

Bagaimana cara mengatasinya?

- beri kesempatan pada dirimu untuk beradaptasi dengan kondisi baru;

- jangan mengurung diri di dalam kamar. Daripada terus melakukan apa yang menarik buat kita, lebih baik mencari tahu hal-hal yang bikin kita penasaran;

- ngobrol bareng keluarga atau teman supaya kita bisa terhindar dari pikiran-pikiran buruk;

- ceritain deh, soal kesalahan-kesalahan yang kita miliki pada orang yang kita percaya banget;

- jangan menyerah untuk tetap meraih impian kita.

 

2. Kita mengalami kecemasan sosial

Banyak dari kita yang takut pada siatuasi di mana kita harus berbicara kepada orang banyak. Entah itu di suatu pesta, di acara kumpul-kumpul keluarga, dan sebagainya. Kita cemas kalau orang lain akan berpikiran sesuatu yang buruk soal kita. Alhasil, nyali kita makin ciut.

Hal ini pun bisa semakin parah ketika kita menyadari kalau orangtua atau orang-orang di sekitar kita mulai membanding-bandingkan kita, mengkritik apa yang kita perbuat, dan mereka juga enggak terkesan dengan hal yang kita perbuat.

Bagaimana cara mengatasinya?

- enggak perlu terlalu memikirkan apa kata orang. Kita fokus aja sama kualitas baik di dalam diri kita, seperti kita adalah teman yang perhatian, kita jago menggambar, atau kita adalah cewek pekerja keras. Apapun yang terjadi, ingat, kita punya kualitas baik!

- kalau kita harus berbicara dengan orang yang belum kita kenal dekat, pikirkan topik diskusi yang kita suka dan kita tahu banget sehingga ngobrol bisa lebih nyambung;

- jangan menghindari interaksi sosial. Cari pengalaman sebanyak-banyaknya dengan terus berlatih;

- buatlah sebuah target yang realistik. Contoh, kita akan mencoba untuk berbicara sama orang-orang yang baru kita temui di pesta teman.

 

3. Kita adalah cewek perfeksionis

Enggak sedikit orang yang punya standar tinggi alam hal-hal yang mereka kerjakan. Sayangnya, enggak semua hal bisa terwujud sendirinya dan enggak semua hal tergantung pada kita karena seringkali ada hal yang enggak bisa kontrol.

Kalau kita terus-menerus merasa kecewa karena kita engak sesempurna yang kita pengin, maka jangan heran kalau rasa percaya diri menyerang kita. Kalau enggak diatasi, kesehatan kita bisa berpengaruh, lho. Mulai dari lelah terus-menerus, depresi, insomnia, sama makan yang enggak teratur.

Bagaimana cara mengatasinya?

- nilai diri kita sendiri berdasarkan usaha dan kerja keras kita dalam melakukan sesuatu, ketimbang melihat hasil akhirnya. Ingat, proses enggak akan mengkhianati hasil;

- hargailah pendapat orang lain dan terimalah sebagai saran yang membangun;

- ketika kita enggak berhasil mengerjakan sesuatu, bukan berarti kegagalan adalah milik kita. Kita pasti mendapat manfaat dari keseluruhan proses yang kita alami, kan?

- cintailah diri kita apa adanya. Enggak peduli kita berhasil, enggak peduli kita gagal.

Penulis :

  • Sintia Astarina

  • Freelance writer for cewekbanget.id. A flâneur who has interests in writing, reading books, music, movies, and social activities. Follow my #Bookstagram: @sintiawithbooks.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×