TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

10 Pertimbangan Memilih Jurusan Kuliah (Bagian 2)

  • Natasha Erika
  • Posted on : Jumat, 20 Maret 2015

10 Pertimbangan Memilih Jurusan Kuliah (Bagian 2)

Supaya enggak salah pilih atau cuma ikut-ikutan teman, coba kita ikuti 10 pertimbangan memilih jurusan kuliah, yuk!

 

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Favorit di Indonesia

 

6. Bagaimana cara kita akan membiayai kuliah?

Selain dari orangtua, apakah ada cara lain untuk membiayai kuliah kita. Berhubungan dengan poin 5, kita bisa mengandalkan hal-hal lain jika merasa biaya kuliah kita melebihi budget. Contoh, kita bisa mencoba ikut beasiswa yang bisa meringankan beban biaya kuliah.

 

7. Bagaimana dengan kuliah sambil bekerja?

Nah... Kalau kita udah mulai berpikir untuk berkuliah sambil bekerja, ini jadi pertimbangan sebelum kita memutuskan berkuliah di jurusan tertentu. Pikirkan, apakah jurusan kuliah ini memberikan tugas-tugas berat sehingga kita sulit mengatur waktu antara kuliah dan kerja. Atau, jurusan kuliah ini cukup memberikan kita waktu luang untuk jadi guru les privat mungkin, dan sebagainya.

 

Baca juga: 4 Pekerjaan Part Time untuk Pelajar dan Mahasiswa

 

8. Konsultasi sama senior di jurusan tersebut

Kita bisa kepo siapa kakak kelas kita yang ternyata mengambil kuliah di jurusan yang kita minati. Nah, kita bisa tanya-tanya gimana pengalaman berkuliah di jurusan tersebut. Apa saja yang bakal kita pelajari dari jurusan tersebut. Kita bahkan juga bisa kepo gimana lingkungan sosialnya. Siapa tahu tiap jurusan punya kebiasaan sosial yang berbeda. He-he-he.

 

9. Pilihan profesi dan karier dari jurusan tersebut

Ini poin yang enggak kalah penting. Kita wajib mencari tahu profesi apa saja dari jurusan tersebut. Apakah pilihan profesi itu sesuai dengan minat, cita-cita, impian, dan juga financial yang kita harapkan saat bekerja?


10. Program menarik yang ditawarkan kampus

Selain memilih universitas dengan reputasi baik, kita juga bisa melihat program menarik apa saja yang ditawarkan yang mungkin bisa menambah pengalaman kita. Misal, program magang yang ditawarkan, fasilitas kampus yang bisa menunjang pembelajaran kita dan sebagainya.


Baca 5 pertimbangan sebelumnya di sini: 10 Pertimbangan Memilih Jurusan Kuliah (Bagian 1)

 

(foto: survivingcollege.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×