TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

10 Kebiasaan Belajar Yang Kita Rasakan Ketika Jadi Mahasiswa (Bagian 1)

  • Natasha Erika
  • Posted on : Kamis, 9 April 2015

10 Kebiasaan Belajar Yang Kita Rasakan Ketika Jadi Mahasiswa (Bagian 1)

Saat kuliah, kita bakal punya kehidupan yang berbeda dengan kehidupan jaman sekolah. Kalau dulu pakai seragam, saat kuliah kita akan berpakaian bebas. Kalau dulu nulis di buku catatan, saat kuliah mungkin kita akan sering memakai laptop. Nah, kalau soal kebiasaan belajar, kira-kira apa saja yang bakal berubah, ya? Ini 10 kebiasaan belajar yang kita rasakan ketika jadi mahasiswa.

 

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Buat Yang Hobi Travelling Dan Universitas Pilihannya

 

1. Nongkrong sambil belajar

Yap! Waktu nongkrong kita dijamin bakal lebih banyak dibandingkan waktu SMA dulu. Kita bahkan akan sering mencari spot internet di kafe buat mengerjakan tugas.

 

2. Mendadak jadi anak perpus

Nah... Bakal datang momen di mana kita mendadak jadi anak perpus. Biasanya, momen itu datang menjelang UAS alias Ujian Akhir Semester dan pastinya saat momen bikin skripsi. Hi-hi-hi.

 

3. Jadwal kelas enggak menentu

Tiba-tiba aja dosen bisa memberikan kelas pengganti di akhir pekan padahal kita udah punya janji nongkrong sama geng kesayangan. Kadang, kalau dosen enggak sempat mengajar di minggu tertentu, ia akan mengganti kelasnya di akhir pekan atau di hari lain.

 

4. Atur jadwal sendiri

Saat kuliah, kebijakan umum banyak universitas di Indonesia memperbolehkan kita untuk mengatur jadwal kelas kuliah sendiri. Jadi, kita bisa menyesuaikan jadwal mata kuliah dengan kegiatan lain kita di luar kuliah. Misalnya, bekerja sebagai freelance.

 

5. Atur masa depan sendiri


 

Ini dia kebiasaan penting yang harus dipupuk dengan baik. Saat kuliah, kita akan belajar untuk mengatur masa depan kita sendiri yaitu dengan mengatur kapan kita pengin lulus. Karena jadwal yang fleksibel dan ditambah waktu nongkrong yang lebih banyak, hal itu bisa membuat kita jadi tergiur untuk main-main. Jadi, semua itu ada di tangan kita. Apakah kita pengin cepat lulus, lulus dengan waktu standar atau lulus lebih lama?

 

Baca lebih lanjut di: 10 Kebiasaan Belajar Yang Kita Rasakan Ketika Jadi Mahasiswa (Bagian 2)

 

Ada juga bedanya pacaran di SMA sama kuliah, lho: Bedanya Pacaran Pelajar SMA dengan Mahasiswa

 

(foto: sports-anime-scenarios.tumblr.com, chainedreality.com)

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×