TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Fashion & Beauty

Gantilah Makeup Pada Waktunya

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Jumat, 15 Maret 2013

Gantilah Makeup Pada Waktunya

Sebagai cewek, kita punyai berbagai macam alat makeup. Seperti makanan, make-up pun memiliki masa kadaluarsa. Kadaluarsa pada make-up dapat diketahui dari perubahan warna, bentuk dan juga bau. Jangan hanya karena kita merasa sayang untuk membuangnya, kita jadi tetap menggunakan alat makeup tersebut.

 

Jika kita masih menggunakan makeup yang udah kadaluarsa, bisa-bisa kulit wajah kita terkena dampaknya, seperti infeksi kulit, timbulnya jerawat, gatal, perih dan perubahan warna pada kulit. Sebaiknya, kita mengetahui masa kadaluarsa makeup kita.

 

Make-up mata

Meliputi mascara, eyeliner dan eyeshadow. Make-up mata memiliki daya tahan paling pendek, yaitu hanya bertahan selama 3 bulan aja. Jika kita tetap menggunakannya, bisa-bisa kita terkena infeksi mata parah.

 

Pewarna bibir

Ketahanan lipstik ataupun lipgloss umumnya sekitar 6 bulan aja. Produk ini memang mungkin belom kadaluarsa dalam 6 bulan, tapi kemungkinan besar bakteri dan kuman udah mngendap. Kalau kita lupa kapan membelinya, cara mengecek kadaluarsanya bisa dengan mencium tube lipstik ataupun lipgloss.

 

Kalau udah tercium seperti krayon ataupun bau lembab, segeralah membuangnya! Lipgloss dengan kemasan yang harus dipencet terlebih dahulu bisa bertahan paling lama. Jadi, kalau mau berhemat, sebaiknya beli tipe tersebut.

 

Cleanser dan moisturizer

Jangan terlalu irit dalam menggunakan alat makeup ini karena ketahanannya hanya 6 bulan aja! Bahaya yang bisa terjadi bila menyimpan pembersih muka dan pelembab lebih lama dari 6 bulan adalah asam lemak yang umumnya merupakan bahan dari produk ini akan rusak setelah 6 bulan, dan bisa mengakibatkan alergi ataupun kerusakan kulit yang lebih parah. Kalau ini udah terjadi, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengobati kulit akan jauh lebih mahal!

 

Foundation dan concealer

Daya tahan makeup ini kira-kira hanya sampai 1 tahun. Tapi, jangan salah, hanya foundation yang berbasis air yang bisa digunakan hingga setahun. Bila foundation atau concealor udah mulai menggumpal, apalagi mengeras dan mengerak, buang segera!

 

Produk bubuk

Alat makeup seperti bedak bubuk, blush-on dan bronze ataupun produk lain yang sejenis bisa bertahan hingga 2 tahun. Kalau warna makeup udah mulai memudar atau menggelap, tandanya udah harus dibuang, tuh gals! Tentunya, bakteri bisa menumpuk terutama pada bdak padat, jadi kita harus rajin menyapukan lapisan paling atas untuk dibersihkan.

 

(ella, foto: dok. glamki.pl)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×