TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Fashion & Beauty

Cara Tepat Memakai dan Merawat Lensa Kontak

  • Ellanda Jiwari
  • Posted on : Kamis, 21 Mei 2015

Cara Tepat Memakai dan Merawat Lensa Kontak

Enggak sedikit yang merasa terganggu dengan pemakaian kacamata dalam kesehariannya. Pemakaian lensa kontak pun menjadi solusi yang praktis dan mudah dilakukan. Banyak orang memakai lensa kontak yang bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Namun, belum tentu merawatnya dengan baik dan benar. Agar lensa kontak kita tetap bagus dan enggak membuat mata iritasi, kita perlu mengetahui cara yang tepat untuk merawat lensa kontak kita.


Baca juga: 8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pakai Softlense Berwarna (Bagian 1)

 


Mencuci tangan

Sebelum memakai lensa kontak, pastikan tangan kita sudah benar-benar bersih terlebih dahulu. Cucilah tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun, lalu keringkan. Hal ini perlu kita lakukan agar kuman yang ada di tangan enggak berpindah


Baca juga:8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pakai Softlense Berwarna (Bagian 2)

 

Enggak lebih dari 8 jam

Pemakaian lensa kontak memang membuat kita lebih leluasa untuk beraktivitas. Namun yang perlu dihindari dalam pemakaian lensa kontak adalah jangka waktu yang terlalu lama. Dalam peluncuruan Acuvue Define di Kuningan City, Professional Affairs Manager dari Jhonson & Jhonson Vicion care Indonesia, Cheni Lee, menjelaskan bahwa pemakaian lensa kontak yang ideal sebenarnya hanya 8 jam sehari. Lebih dari itu dapat berisiko mata kekurangan oksigen. Karena itu, pastikan kita enggak memakainya terlalu lama.


Baca juga: Tips Makeup Untuk Cewek Berkacamata

 

Membersihkan lensa kontak

Setelah memakai lensa kontak, pastikan kita membersihkannya terlebih dahulu dengan cairan pembersih khusus sebelum menyimpannya. Sebelumnya, kita juga perlu memastikan tangan kita sudah bersih, lalu letakkan lensa kontak pada telapak tangan dan bersihkan dengan cairan pembersih khusus secara lembut agar lensa kontak enggak sobek.


Baca juga: Peraturan Wajib Sebelum Lepas Lensa Kontak

 

Rutin membersihkan lensa kontak

Disaat kita enggak memakai lensa kontak dalam jangka waktu yang lama, kita tetap harus membersihkan lensa kontak kita secara teratur. Minimal seminggu sekali, kita perlu mengganti cairan khusus yang kita gunakan untuk menyimpan lensa kontak. Hal ini bertujuan untuk membuang air yang sudah tercemar dengan kotoran dan lensa kontak kita tetap bersih.


Baca juga: Eits, Dicopot Dulu

 

Perhatikan masa kadaluarsa

Segeralah mengganti lensa kontak kita dengan yang baru jika masa pemakaian telah berakhir. Jika kita tetap menggunakan lensa kontak yang sudah kadaluarsa, hal tersebut dapat membahayakan mata kita dengan berbagai risiko penyakit.


Baca juga: 5 Tren Kecantikan yang Bahaya Buat Kesehatan

 

(foto: rebloggy.com)

 

Penulis :

  • Ellanda Jiwari

  • fashion and beauty reporter at kaWanku since 2013.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×